Strategi Transformasi Digital Melalui Pengolahan Data

Strategi Transformasi Digital Melalui Pengolahan Data

Microsoft Indonesia mengenalkan program belajar Data Science menggandeng PHI-Integration platform DQLab.id. Hal ini adalahwujud nyata Microsoft menolong bisnis untuk menambah performa, efektifitas, dan produktifitas untuk menjadi #datadriven.

Rangkaian “Data Science Enablement Program” dalam masa-masa 6 bulan dan dapat dibuntuti secara online dan offline dengan memakai metode belajar praktikal dan aplikatif.

Selama masa program, semua peserta bakal mempelajari pemakaian bahasa pemrograman R dan Python yang dikemas lewat project di dalam Azure Machine Learning Studio environment.

Dampak besar revolusi 4.0 pada industri

Era revolusi industri 4.0 yang menuju digitalisasi dan otomasi, menuntut pelaku industri guna cepat beradaptasi dengan perubahan. Mengutip analisa Mckinsey Global Institue, revolusi industri 4.0 ditebak akan memberikan akibat sangat besar dan luas, khususnya pada sektor industri.

Robot dan mesin akan tidak sedikit memproduksi data. Oleh karenanya, bagaimana teknik kita merespon dan meneliti data itu akan memprovokasi perkembangan usaha.

Feris Thia, Content Principal DQLab.id sekaligus pendiri PHI-Integration, melafalkan saat ini masih tidak sedikit pihak belum mengetahui proses pengolahan dan analisa data dengan tepat.

Bahasa “Coding R” tidak sedikit digunakan

“Tentu ada tidak sedikit cara menguji validitas data. Salah satu teknik paling efektif ialah dengan memakai R, dimana R ialah bahasa coding serupa statistik yang dapat dipakai intensif di Azure Machine Learning Studio”, jelas Feris dalam sesi onboarding Data Science Enablement Program di kantor Microsoft Indonesia (5/92018).

Ia menambahkan, R pun dapat menolong menyimpulkan data dan dapat menyaksikan langsung hasil output-nya tambah Feris. Mirisnya, di Indonesia sendiri akses guna mempelajari R masih paling terbatas.

“Banyak yang bertanya, saya mesti belajar R dimana? Kok berbahasa Inggris semua? Ada nggak berbahasa Indonesia supaya lebih gampang dipahami? Ada tidak yang serupa case di Indonesia? Pertanyaan-pertanyaan seperti tersebut sering saya temui di kalangan pelaku industri,” ungkap Feris.

Baru 7% organisasi miliki strategi digital

Tantangan berikut yang lantas memicu Microsoft Indonesia menggandeng PHI-Integration lewat pelajaran.id/ DQLab.id mengenalkan inisiatif Data Science Enablement Program. Program ini bertujuan menolong mengoptimalkan proses pembelajaran, pengolahan dan analisis data melewati studi permasalahan riil supaya dapat diimplementasikan secara langsung semua pelaku industri.

“Kami menyadari sampai saat ini masih tidak sedikit pihak yang belum mengetahui proses pengolahan dan analisis data dengan tepat. Berdasarkan keterangan dari hasil riset Microsoft dan IDC mula tahun ini, dari 79% organisasi di Indonesia yang tengah merasakan proses transformasi digital, melulu 7% mempunyai strategi transformasi digital secara menyeluruh,” ungkap Yos Vincenzo, Cloud and Enterprise Business Group Lead Microsoft Indonesia.

Yos menambahkan, Microsoft bareng PHI-Integration menghadirkan Data Science Enablement Progam supaya para pelaku Teknologi Informatika (TI) bisa lebih mengetahui pembagian segmen pelanggan, menganalisis sekian banyak  data, sampai mengolahnya menjadi model bisnis yang bisa menghasilkan pandangan baru untuk usaha.

Profesional TI sebagai transformator digital Indonesia

Pelatihan secara online maupun offline ini diinginkan dapat menambah performa, efektivitas dan produktivitas bisnis organisasi yang didorong data dan AI. AI akan menolong menciptakan penyelesaian inklusif untuk mengolah data yang tidak sedikit menjadi analisis yang lebih baik dan mengotomatisasi kegiatan sehingga lebih efektif dan efisien.

Pemahaman bakal ilmu ini dipercayai dapat mendorong lebih tidak sedikit lagi organisasi di Indonesia guna mempunyai strategi digital dan semua pelaku TI dipercayai menjadi hal utama menyukseskan transformasi digital Indonesia.

“Pendekatan DQLab ialah dataset real, dan terdapat code yang dapat langsung diperiksa secara realtime,” ungkap Feris. “Tujuan akhir dari pembelajaran program Data Science Enablement ini supaya pelaku industri dapat memahami customer segment, menganalisa sekian banyak  dataset, dan menciptakan model sampai-sampai dapat menghasilkan insight untuk bisnis”, tutup Feris.

Melalui inisiatif ini, Microsoft Indonesia dan DQLab.id bercita-cita dapat menjangkau misi membuat #datadriven business lewat pemanfaatan data secara optimal.